E-mail: sekretariatfisipol@gmail.com | Call: +021-80886884  

Pkm Wanareksa

PkM Wanareksa di Pulau Panggang

Jakarta, Fisipol UKI

Wanareksa Fisipol UKI melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Selasa-Sabtu, 10-14 Desember. PkM ini menyoroti masalah kerusakan lingkungan yang terjadi di Pulau Panggang. Lebih dari tiga puluh mahasiswa Fisipol UKI ikut berpartisipasi dalam PkM ini dan melaksanakan empat kegiatan yaitu live-in, penanaman mangrove, pelatihan pembuatan eco-brick dan sosialisasi gaya hidup minim sampah.

PkM ini juga didampingi oleh Wakil Dekan Fisipol UKI Dr. Verdinand Robertua Siahaan, Kepala Program Studi Ilmu Politik F.X. Gian Tue Mali, M.Si. Kepala Program Studi Program Ilmu Komunikasi Singgih Sasongko, , M.Si dan dosen program studi Ilmu Politik Fisipol UKI Indah Novitasari, M.Si. Verdinand, Gian, Singgih dan Novita sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi yang dilaksanakan di Aula RW 01 Pulau Panggang.

Poto bersama

Tema yang diusung dalam PkM ini adalah “We Learn, We Act, We Plant”. Ketua pelaksana kegiatan ini adalah Jessie Hembring (HI 2015) dari Wanareksa. Jessie mengungkapkan optimismenya bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Pulau Panggang khususnya dalam pengelolaan sampah. Melalui sosialisasi gaya hidup minim sampah yang dilakukan, diharapkan volume sampah dapat berkurang signifikan di Pulau Panggang.

Dalam sambutannya, Ketua RW 01 Pulau Panggang Bapak Jaenudin sangat berharap kegiatan PkM ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Partisipasi perguruan tinggi sangat diharapkan di dalam membantu pengelolaan sampah di Pulau Panggang. Masih ada beberapa masalah mendesak lainnya yang perlu bantuan dari Perguruan Tinggi seperti isu reklamasi dan pendidikan.

 

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia