E-mail: sekretariatfisipol@gmail.com | Call: +021-80886884  

LKMM-TD FISIPOL UKI 2020

Jakarta, 13 Maret 2020 - SENAT Mahasiswa FISIPOL UKI mengadakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar dengan tema Bijak dan Apresiatif = Buah Kepemimpinan "Seorang pemimpin yang baik mencari nasihat dari orang-orang lain"- Amsal 15: 22. Kegiatan berlangsung selama dua hari dari 13 Maret - 14 Maret 2020 di Aula Lt. 3 Universitas Kristen Indonesia. LKMM – TD sendiri merupakan kegiatan pelatihan yang diadakan tingkat fakultas dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Kristen Indonesia yang belum mengikuti kegiatan ini sebelumnya, terutama mahasiswa baru.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. Selain keterampilan dan manajemen, pada kegiatan ini juga akan melatih kepemimpinan peserta. Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan berfungsi sebagai salah satu penggerak atau motivator sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu memberikan arah organisasi dalam mencapai tujuan.

Pembicara-pembicara yang dihadirkan memamparkan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pembicara pertama yaitu Dr. Lisa Gracia Kailola, S.Sos., M.Pd yang memaparkan materi tentang Manajemen Konflik. Selain itu, Ibu Lisa juga menjelaskan tentang penyebab konflik dalam organisasi, pengelolaan konflik secara internal dan eksternal dan juga peran pemimpin dalam manajemen konflik. Pembicara kedua adalah Jianly Imanuel Bagensa, S.Sos, alumni Hubungan Internasional FISIPOL UKI.

Jianly memaparkan materi terkait networking yang berkaitan dengan jenis-jenis lapangan pekerjaan seperti NGO/INGO, Startup Company dan lainnya serta organisasi regional seperti ASEAN. Jianly juga menambahkan pentingnya mengikuti organisasi di luar kampus yang disesuaikan dengan minat masing-masing individu. Selain itu, Jianly juga menjelaskan peluang untuk bergabung dengan organisasi internal dan ekstenal dan proses persiapan diri. 

                                           

Pembicara berikutnya adalah Angki Agmann Sumbayak, S.Sos, Kepala Tata Usaha FISIPOL UKI yang menjelaskan tentang proses surat menyurat termasuk permohonan peminjaman barang, peminjaman ruangan, surat undangan, permohonan proposal dana dan juga LPJ. Pembicara keempat adalah Singgih Sasongko, S.IP., M.Si, Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIPOL UKI yang menjelaskan tentang public speaking yang baik dan benar dan juga etika berbicara di depan umum. Bapak Singgih juga menjelaskan cara menumbuhkan rasa percaya diri dalam melakukan public speaking dan pentingnya public speaking itu sendiri untuk mahasiswa. Pembicara terakhir adalah Kenny, Ketua SENAT Mahasiswa FISIPOL UKI yang menjelaskan Dasar-dasar Organisasi yang terdiri dari struktur dalam organisasi, syarat-syarat berorganisasi, dinamika dalam berorganisasi dan juga tantangan dalam berorganisasi. Kegiatan ini diakhiri dengan outbound yang seru dengan berbagai jenis games.

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia