E-mail: fisipol@uki.ac.id | Call: +021-80886884  

Literasi Penggunaan Turnitin Mandiri kepada Mahasiswa Tingkat Akhir Fisipol UKI

 

 

Jakarta - Perpustakaan Universitas Kristen Indonesia mengadakan kegiatan Literasi Penggunaan Turnitin Mandiri kepada Mahasiswa Tingkat Akhir di lingkungan Fisipol UKI pada hari Kamis, 2 Juli 2020 melalui aplikasi Microsoft Teams. Pelatihan ini bertujuan mempercepat proses pengecekan turnitin khusus bagi karya akademik tingkat akhir (Skripsi).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Fisipol, Dr. Verdinand Robertua Siahaan, M.Soc, Sc dan selanjutnya dibimbing oleh Kepala Biro Perpustakaan, Edi Wibowo, S.I.Pust beserta Tim Perpustakaan yang menjelaskan tentang Pengecekan Turnitin karya akademik tingkat akhir (Skripsi).

Dr. Verdinand Robertua Siahaan, M.Soc, Sc menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa karena UKI sudah menerapkan cek Turnitin bidang skripsi dan mempunyai standar plagiarisme yaitu 30 persen.

Dr. Verdinand menyampaikan besar harapan pelatihan ini dapat memberikan manfaat khususnya mahasiswa  yang menempuh ujian akhir sehingga tidak mengalami hambatan dalam menyusun skripsi ini

“Harapan pelatihan ini menjadi penguat ataupun memberikan manfaat besar bagi kualitas skripsi karena memang ini didesain untuk rekan mahasiswa yang akan skripsi tapi tidak menutup kemungkinan untuk rekan yang belum melakukan skripsi seperti mahasiswa angkatan 2018 dan kebetulan juga ada mahasiswa yg belum skripsi tapi sudah menulis jurnal dan buku,” ujarnya.

 

Selanjutnya Edi Wibowo, S.I.Pust menyampaikan terima kasih kepada Wakil Dekan Fisipol  yang telah memberikan kesempatan kepada Perpusatakan untuk melakukan pelatihan Turnitin.

Menurut Edi, kegiatan ini bertujuan untuk sosialisasi Turnitin sehingga civitas akademika UKI terhindar dari plagiarisme, dalam hal ini harapan perpustakan dapat menfasilitasi khususnya mahasiswa akhir sedang melakukan skripsi dalam melakukan cek similarity sehingga harapannya dengan pelatihan ini mahasiswa dapat lebih mudah untuk mengecek secara mandiri, alasan dilaksanakan kegiatan ini  karena sudah ada peraturan dari DIKTI bahwa  karya tulis atau skripsi dari Universitas harus dipublikasikan di Repository Institusinya sehingga untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi plagiarisme kami menerapkan peraturan Turnitin ini.

Selanjutnya materi pelatihan turnitin disampaikan oleh Ibu Desy dari Perpustakaan selaku PIC dari Fisipol khusus untuk pengecekan turnitin kelas mandiri. Mahasiswa Fisipol sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini.

 

 

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia