E-mail: fisipol@uki.ac.id | Call: +021-80886884  

RUANG RASIO “Persaingan Fresh Graduate di Tengah Pandemic”

Jakarta, 05 Februari 2021, UKM FISIPOL Thinkers Club kembali menyelenggarakan diskusi rutin UKM, yakni Ruang Rasio dengan topik  “Persaingan Fresh Graduate di Tengah Pandemicyang dilaksanakan secara daring. Diskusi ini dimoderatori oleh Junita, salah satu anggota aktif UKM Fisipol Thinkers Club (FTC) UKI dan dihadiri oleh anggota-anggota FTC. Ruang Rasio minggu pertama dibulan Februari sekaligus perdana ditahun 2021 ini menghadirkan narasumber, yakni Saudara Arya, merupakan salah satu alumni (Fresh Graduate) Fisipol UKI.  

Kegiatan ini dimulai dengan mengulas bagaimana persaingan Fresh Graduate di tengah pandemic. Dalam situasi pandemik ini menjadi fresh graduate cukup sulit, karena semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Sesi ini juga mengulas pengalaman narasumber beserta rekan-rekan yang baru saja lulus namun cukup sulit untuk mencari pekerjaan karena perusahaan-perusahaan mencari orang yang memiliki pengalaman kerja. Dilain hal, narasumber saat ini telah bekerja di Kantor Internasional UKI, yang mana merupakan tempat dia magang sebelumnya. Narasumber berpendapat bahwa masa perkuliahan merupakan masa untuk mengembangkan diri dengan cara mengikuti berbagai kegiatan kampus, organisasi, kegiatan sukarelawan dan lain sebagainya. Selama masa perkuliahan narasumber sendiri sangat aktif kegiatan di kampus maupun di luar kampus, dimulai dengan kegiatan berorganisasi menjadi Anggota dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) Fisipol UKI, sampai dipercayai menjadi Ketua dari Himahi sendiri.

Pengembangan diri tidak hanya dapat dilakukan melalui kegiatan berorganisasi, tetapi dapat juga terimplementasikan melalui mengikuti kegiatan seminar, kepanitiaan di fakultas maupun universitas, karena hal tersebut mampu mengembangkan soft skill yang kita miliki. Dari semua pengalaman dan kinerja yang ia tempuh selama masa perkuliahan menjadikannya seorang fresh graduate yang memiliki nilai tersendiri sehingga sebelum lulus kuliah pun dia sudah mendapatkan tawaran pekerjaan. Oleh Karena itu, dengan situasi pandemic saat ini, sebagai seorang mahasiswa kita sebaiknya fokus dalam melatih softskill dan hardskill  yang kita miliki melalui kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik, seperti webminar atau berpartisipasi aktif dalam bentuk volunteer secara online. Apabila masa pandemi telah berakhir maka dipastikan bahwa perusahaan-perusahaan atau instansi lainnya akan kembali mencari para pekerja dengan jumlah yang cukup besar namun tentu dengan kualifikasi yang berbeda sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

 

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia