E-mail: fisipol@uki.ac.id | Call: +021-80886884  

Getting to Know Personal Branding

Kita kembali lagi bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipol UKI angkatan 2019 yang telah sukses menggelar webinar dan diselenggarakan secara daring dengan tema “Getting to Know Personal Branding” loh! Nah, webinar tersebut diadakan dalam rangka program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Selasa, 15 Juni 2021.

Acara dibuka secara langsung oleh Singgih Sasongko, M.Si selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi UKI. Dalam sambutannya, pak Singgih menyatakan bahwa kegiatan webinar ini sangat bermanfaat karena mengangkat tema yang up to date dan diharapkan dapat memberi informasi kepada para generasi bangsa mengenai seberapa penting personal branding untuk persiapan ke jenjang karir berikutnya. Webinar kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber. Pada webinar kali ini, mereka menghadirkan dua narasumber dan dimoderatori oleh Renato Yosia. Narasumber pertama yakni Sisca yang merupakan anggota dari girl group JKT48, memaparkan materi dengan judul “Personal Branding”.

Secara singkat disini, ia menjelaskan bahwa kita harus mengetahui kelebihan, kelemahan, apa yang menarik, apa yang memotivasi, apa yang berbeda dengan orang lain dan apa yang bisa dijual dalam diri kita sebelum melakukan personal branding lebih jauh. Ia juga mengatakan bahwa kita harus mengenal audiens dan ingin dikenal seperti apa, tidak lupa ia juga jelaskan strategi yang ‘jitu’ untuk menunjukkan diri kita di publik.

Selanjutnya pada narasumber kedua yakni Enny Abigail. Judul pemaparan materi yang ia berikan sama dengan judul webinar-nya. Simple nya, ia memberikan tiga tips ‘How to do Personal Branding’ yaitu:

  • Aware: Sadari dan pahami pada awal membangun Personal Branding akan ada komentar yang diberikan kepada kita.

  • Admit: Akui bahwa kita sedang melakukan Personal Branding.

  • Ask for input: Meminta masukan dari pihak luar agar dapat maksimal dalam membangun Personal Branding.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara. Webinar pun berjalan dengan lancar dan sukses. Dari moderator hingga para narasumber merupakan mahasiswa/i prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2019. Keren ya mereka? Kita doakan ya agar mereka terus berkarya dengan lebih baik lagi!

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia