E-mail: sekretariatfisipol@gmail.com | Call: +021-80886884  

Live-in Fisipol 2019 “Mangrove for Better Future”

Jakarta, FISIPOL UKI

 

Departemen 3 (Pengabdian kepada Masyarakat) Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia melaksanakan pengabdian kepada masyarakat “Live-In” di Pulau Tidung Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Jumat-Sabtu, 10-11 Mei 2019. Kegiatan ini juga diselenggarakan bekerjasama dengan Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PKBL) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan SMKN 61 Pulau Tidung, DKI Jakarta.

Live-in ini menyoroti masalah kerusakan lingkungan yang terjadi di Pulau Tidung Kecil. Mahasiswa Fisipol UKI yang berjumlah 29 orang menanam lima ratus bibit mangrove sebagai upaya menanggulangi dampak abrasi di Pulau Tidung Kecil yang terjadi sekaligus pengembangan ekosistem mangrove. Selain itu, mahasiswa menanam terumbu karang sebagai bagian dari peningkatan wisata bahari di Pulau Tidung. Live-in juga diisi dengan kegiatan buka puasa bersama untuk meningkatkan silaturahmi antara Fisipol UKI dengan masyarakat Pulau Tidung.

Live-in ini juga didampingi oleh Wakil Dekan Fisipol UKI  Dr. Verdinand Robertua Siahaan, M. Soc.Sc dan dosen program studi Hubungan Internasional Fisipol UKI Riskey Oktavian, M.A. Verdinand dan Riskey juga menjadi narasumber dalam kegiatan diskusi yang dilaksanakan di Aula PKBL.

Dalam presentasinya, Verdinand menyampaikan urgensi konservasi mangrove sebagai bagian dari mitigasi perubahan iklim. Universitas dan sekolah merupakan bagian krusial dari diplomasi mangrove Indonesia sehingga live-in ini perlu untuk dikembangkan lebih jauh. Selain itu, Jakarta yang merupakan ibukota negara memerlukan paru-paru kota yang lebih luas dan Kepulauan Seribu dengan hutan mangrove-nya merupakan paru-paru kota yang harus dipertahankan. Riskey mendetailkan konsep kegiatan-kegiatan sosial dalam isu lingkungan. Ia memaparkan kegiatan sosial dalam isu lingkungan yang telah berhasil dikembangkan di berbagai wilayah. Selain itu, Riskey menjelaskan signifikansi pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan dan proses pelaksanaannya.

Ketua Senat Mahasiswa Fisipol UKI periode 2018-2019 Okta Prayoga Garang mengatakan “Kami berterima kasih atas bantuan dan kerjasama Fakultas sehingga Live-in 2019 ini dapat terlaksana. Saya juga berterima kasih atas kerja keras dari panitia pelaksana”. Koordinator Departemen Pengabdian kepada Masyarakat Senat Mahasiswa FISIPOL UKI Periode 2018-2019 Iris Lydia juga mengungkapkan “Semoga Live-in Fisipol 2019 dapat menjadi inspirasi bagi Live-in selanjutnya”.

© 2019 Universitas Kristen Indonesia