Di Tengah Merebaknya Virus Corona, Fisipol UKI Tetap Gelar Dies Natalis Secara Online & Offline

JAKARTA – Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia yang tiap tahunnya diadakan secara tatap muka, tahun ini terasa berbeda. Di usia yang ke-26, perayaan sykukuran Dies Natalis Fisipol berlangsung secara online dan offline, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan persebaran Covid-19. Meski tengah berada dalam situasi Covid-19 Fisipol UKI tetap gelar Dies Natalis dengan mengusung tema “ FISIPOL SURVIVE.” Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat (27/10/2020) yang bertempat di Gedung Graha William Soeryadjaya FK UKI dan sekaligus di siarkan langsung di akun YouTube SEMA FISIPOL UKI.

Dalam acara kali ini turut dihadiri langsung oleh Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D selaku Dekan Fisipol UKI, selain itu Budi Chrismanto Sirait, S.Sos., MA selaku Ketua Panitia Dies Natalis dan Pembina Kemahasiswaan serta Sipin Putra, S.Sos., M.Si selaku Dosen Fisipol turut andil dalam acara  ini.

Acara Dies Natalis diawali dengan ibadah singkat yang dibawakan oleh Pdt. Mercy Anna Saragih, M.Si  dan mahasiswa angkatan 2017. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Budi Chrismanto Sirait, S.Sos., MA selaku Ketua Panitia Dies Natalis dan Pembina Kemahasiswaan.

Dalam sambutanya, ia mengatakan bahwa  sangat bersyukur atas perlindungan Tuhan yang selalu melindungi Fisipol UKI hingga pada hari ini Fisipol UKI beranjak usia yang ke-26, bahkan di tengah situasi pandemi yang melanda sejak bulan Maret lalu  Fisipol UKI pada tahun ajaran 2020/2021 berhasil memperoleh peningkatan jumlah mahasiswa baru dari tahun sebelumnya.

“Rangkaian acara Dies Natalis yang ke-26 ini sudah berjalan kurang dua minggu terakhir yakni dengan melaksanakan beberapa kegiatan perlombaan berupa  E-Sports dan Cerdas Cermat,” tutur Budi.

Selanjutnya Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D salaku Dekan Fisipol UKI memberikan kata sambutan. Ia menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 ini, prestasi mahasiswa Fisipol tidak menurun, berbagai prestasi akademik dan non akademik tetap disalurkan yakni dengan mempublikasikan karya tulisan mahasiswa  di berbagai jurnal dan website lembaga penelitan di kancah Nasional maupun Internasional.

“Pandemi ini adalah sebuah momentum untuk menyalurkan inovasi dan kreativitas mahasiswa Fisipol UKI, hal ini dibuktikan dengan keberhasilan salah satu mahasiswa Prodi IPOL yang menembus hibah penelitian mahasiswa di tingkat Dikti,” tambah Angel.

Setelah  kata sambutan usai, acara dilanjutkan dengan Talkshow Sharing yang diisi oleh civitas akadamik Fisipol UKI yakni mulai dari dosen, tenaga kependidikan, alumni hingga mahasiswa per angkatan. Pada sesi ini para narasumber yang hadir membagikan pengalamanya selama kuliah di Fisipol UKI serta menceritakan bagaimana perubahan  aktivitas perkulihaan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Anges Filia Deodata selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 18  menceritakan pengalamanya selama kuliah di Fisipol. Ia menyampaikan bahwa  solidaritas dan toleransi antar mahasiswa dan dosen di Fisipol sangat kuat. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa  selama proses perkuliahan di tengah situasi pandemi ini, para dosen sangat memberikan upaya-upaya yang baik untuk kami mahasiswa supaya tetap semangat dalam hal belajar.

“ sebelum situasi pandemi Covid-19 , biasanya Fisipol sering mengadakan event di kampus  gitu lohh.. dan saya melihat bahwa kerjasama antar panitia dan angkatan itu sangat baik. Misalnya mahasiswa angkatan lain selalu mendukung acara yang kita buat dengan menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut, ini adalah salah satu bukti solidaritas  yang kuat  yang dimiliki oleh keluarga  besar Fisipol UKI serta  yang membedakan dari fakultas lain yang ada di UKI.

Acara  Dies  Natalis  Fisipol UKI semakin meriah dengan dilanjutkan pemotongan kue, sebagai  bentuk telah dilaksanakanya acara Dies Natalis  Fisipol UKI dan dilanjutkan  kegiatan hiburan seperti, Fashion show  yang diikuti oleh perwakilan setiap angkatan dan Quiz online yang diikuti oleh seluruh audience Dies Natalis. Di penghujung acara  panitia membacakan pemenang dari perlombaan E-Sports, Cerdas Cermat, Fashion Show , Quiz online  dan sekaligus penyerahan  penghargaan kepada pemenang .

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN