Skripsi Tepat Waktu? Harus Itu!

Skripsi adalah salah satu kewajiban yang harus dilewati oleh seorang mahasiswa, terutama mahasiswa semester akhir. Banyak mahasiswa menganggap bahwa skripsi mungkin adalah hal yang sulit bahkan mendengarnya saja sudah was was. Padahal jika kita benar – benar mengikuti prosesnya dengan baik, bisa saja skripsi yang kita lakukan dapat selesai dalam waktu yang tidak lama. Normalnya, skripsi dapat selesai dalam jangka waktu satu semester atau bahkan bisa lebih cepat dari itu.

Realita skripsi adalah hal yang harus dialami oleh mahasiswa tingkat akhir. Tidak sedikit cerita yang terjadi di dunia perkuliahan karena belum menyelesaikan skripsi dan itu adalah hal yang lumrah. Jadi, tidak perlu khawatir untuk teman – teman yang baru saja masuk di dunia perkuliahan dan mendengarkan cerita tersebut. Semoga kamu termasuk mahasiswa yang dapat menyelesaikan skripsinya tepat waktu.

Tapi bukan berarti, mahasiswa yang telat menyelesaikan skripsinya adalah mahasiswa yang buruk ya. Pastinya, banyak faktor yang membuat hal itu terjadi. Salah satunya mungkin karena kuliah sambil bekerja, faktor ekonomi, tidak memiliki rencana yang matang, dan lainnya. Itu semua tentu ada ditanganmu. Tapi, kalau kalian tidak mau itu terjadi berikut beberapa tips mengerjakan skripsi agar dapat diselesaikan tepat waktu, di antaranya: 

1. Buat Target

Image by Canva

Membuat target dalam menyelesaikan skripsi sangat penting untuk melihat sejauh mana kita berproses dan komitmen dalam menyelesaikannya. Misal, dalam 1 bulan kita harus bisa menyelesaikan satu bab atau setidaknya dalam satu hari kita bisa menulis satu paragraf dan seterusnya.

2.Kalahkan Rasa Malas

Image by Canva

Dalam mengerjakan skripsi tentu kita akan melewati berbagai fase, salah satunya yakni malas. Untuk menghindari malas, sebaiknya luangkan waktu setiap hari selama dua sampai tiga jam untuk mengerjakan skripsi. Cara ini efektif untuk bisa mencapai target mu.

3. Reward

Mengerjakan skripsi membutuhkan mood yang baik tentunya. Jangan sampai terbawa arus yang akan menghambat target kita nantinya, dengan memberikan reward atau apresiasi kecil pada diri sendiri pastinya akan memudahkan kita dalam mengerjakan lika liku skripsi.

4. Kelilingi Dirimu Dengan Teman atau Senior Yang Tepat

Agar skripsi kita cepat selesai, tidak ada salahnya kita berbaur dan berdiskusi mengenai tugas akhir dengan teman atau senior yang positif untuk mendongkrak semangatmu.

5. Rajin Bimbingan Dengan Dosen Pembimbing

Last, but not least. Rajin bimbingan is a must ya teman – teman! Komunikasikan semua yang kita rasakan kepada dosen pembimbing kita. Dosen pembimbing tentunya akan memberikan pencerahan dengan ilmu yang mereka miliki. Semakin kita sering berkonsultasi, maka akan semakin berkurang hambatan yang kita alami dalam menyelesaikan skripsi.

Itu dia, sedikit tipsnya dan tetap semangat untuk kamu yang sedang berjuang mengerjakan skripsi. Semoga dilancarkan selalu!

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN