Vainels “Bergerak Menyelamatkan Bumi”

Bumi menjadi tempat jutaan penduduk dan makhluk hidup lainnya yang tumbuh dan berkembang melalui masa ke masa. Tepatnya di tanggal 22 April pertama kali diselenggarakan pada 22 April 1970 di Amerika Serikat (AS). Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.seperti tahun sebelumnya dunia. Namun, realitanya bumi terancam akibat permasalahan lingkungan yang tidak dapat terselesaikan dan menjadi topik globalisasi yang harus diselesaikan secara universal dan Kerjasama di setiap negara. Kelestarian lingkungan belum terjaga akibat ketidaksadaran memahami dan terlibat mengenai lingkungan yang sudah mengalami perubahan lebih buruk akibat ulah manusia. Semakin tahun hari bumi diperingati semakin jugs terjadi ketidakseimbangan dan kerusakan bumi.

Mulai dari adanya pemanasan global, perubahan iklim, pohon pohon yang menjadi paru paru dunia pun terancam rusak dan harus diatasi, lingkungan yang penuh dengan sampah, dan terutama dengan adanya industri industri yang berhasil membuat lingkungan tercemar karena limbah dari pabrik. Hal yang begitu menarik perhatian adalah habitat dan satwa yang ada ikut mengalami kerusakan dan terancam hilang akibat pembalakan liar, dan pembakaran hutan yang dilakukan oleh manusia demi kepentingan pribadi. Seharusnya di hari bumi di tahun 2022, tiap tiap orang haruslah dengan sadar bahwa bumi membutuhkan partisipasi masyarakat untuk bergerak dan menghentikan dan mengatasi permasalahan kerusakan bumi secara terus menerus.

Kita harus sadar bahwa adanya tanggung jawab atas permasalahan kerusakan lingkungan hidup yang ada, dan tentunya memberikan dampak buruk yang dampak mengganggu keseimbangan ekologi dan eksistensi manusia. Hal yang harus diketahui bahwa di revolusi industri 4.0 yang mengeruk hasil bumi untuk dapat menghasilkan segala kebutuhan manusia rupanya kemampuan alam untuk berproduksi akan semakin menurun dan tentunya dengan populasi manusia yang semakin bertambah akan terjadinya peningkatan kebutuhan manusia. Untuk itu, lingkungan sangat berpengaruh dan berperan bagi kehidupan manusia, kerusakan lingkungan tentunya memberikan perubahan secara langsung dan tidak langsung sehingga tentunya mengakibatkan lingkungan menjadi kurang atau bahkan tidak berfungsi dalam menunjang pembangunan dan kesinambungan. 

Dari hal tersebut sebagai masyarakat tentunya memiliki kemampuan eksploitasi terhadap alam, sehingga mampu mengubah alam sesuai keinginan, Oleh karena itu, pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup haruslah sesuai dengan kaidah kaidah lingkungan, Kehancuran dan kepunahan yang terjadi pada keanekaragaman hayati dapat merusak fungsi ekosistem, sehingga hal ini sesungguhnya merupakan halangan bagi alam untuk memberikan jasanya terhadap kehidupan manusia. Kehidupan manusia senantiasa bergantung pada jasa yang diberikan oleh ekosistemnya. Walaupun manusia telah memiliki budaya dan teknologi yang tinggi serta kemampuan eksploitatif terhadap alam sehingga mampu merubah alam sesuai dengan apa yang diinginkannya, namun pada akhirnya manusia tetap akan tergantung kepada aliran jasa ekosistem.

Masyarakat secara sadar untuk melindungi bumi dari pencemaran polusi udara yaitu dengan melakukan banyak reboisasi. Adanya bencana alam yang sering terjadi seperti banjir adalah akibat dari ulah manusia itu sendiri yang masih banyak yang tidak sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Banyak limbah rumah tangga yang sering dijumpai dimana-mana terutama apabila rumah tersebut terletak di pinggiran sungai. Banyak masyarakat dengan sengaja membuang sampah di selokan, dan tidak di tempat sampahnya berdampak besar pada aliran air yang tidak dapat berjalan sehingga menggenangi perumahan.

Tanah longsor terjadi juga karena manusia yang sering menebangi pohon dengan seenaknya pada dataran tinggi. Pencegahan yang dapat dilakukan secara sederhana yaitu dengan penghijauan di daerah setempat, khususnya perkotaan. Perlunya menjadi perhatian dari pemerintah dan kalangan masyarakat untuk bekerjasama untuk dapat melakukan pencegahan dampak buruk dan juga menghentikan tindakan yang akan merusak lingkungan lebih besar lagi. Hal utama yaitu melakukan reboisasi massal, kegiatan semacam itu, sangat bermanfaat untuk lingkungan dan kehidupan. Masyarakat harus lebih peka dan memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar merupakan hal yang harus dibangun. Di samping itu semua, perlu pengawasan yang tiada henti dan penegakan hukum (law enforcement) yang tidak tumpul keatas, tajam kebawah bagi perusak/pencemar lingkungan.

 

Sumber foto: Canva.com

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN