Dua Mahasiswi Prodi IHI Lolos Program IISMA 2022

Jakarta, 24 Mei 2022 - Sebanyak 2 mahasiswi program studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia (Prodi IHI Fisipol UKI) berhasil lolos menjadi peserta “Indonesian International Student Mobility Awards 2022” (IISMA) dari Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek RI. IISMA merupakan program beasiswa pemerintah di bawah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mereka mendanai mahsiswa/i untuk belajar di luar negeri. 

Kedua mahasiswa dari Prodi IHI tersebut merupakan angkatan 2019, yakni Rachel Shanon Twigivanya dan Eunike Adelia Pohan. Mereka sama-sama diterima di salah satu universitas yang berbeda di Italia. Rachel sebagai salah satu yang diterima di Universitas Sapienza Roma mengatakan, “Mempunyai kesempatan untuk belajar di luar negeri merupakan impian dan kerinduan aku sejak lama.

Adapun Eunike yang telah diterima di Universitas Padua juga menjelaskan tentang harapannya, selain menambah wawasan akademis ia juga ingin menambah perspektif yang berbeda berdasarkan relasi yang dapat ia bangun dengan warga lokal maupun internasional selama program tersebut. Eunike ingin dapat berbagi pengalaman dengan mahasiswa lainnya terlebih lagi mahasiswa Fisipol UKI agar mengikuti program-program Kemendikbud yang memiliki banyak manfaatnya seperti IISMA. Oleh karena itu, Fisipol UKI selalu mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, seperti program IISMA dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka lainnya, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan mendorong kebebasan akademik mahasiswa Indonesia.

Melalui program IISMA, mereka akan melakukan studi ke perguruan tinggi yang dituju dengan mengambil sejumlah mata kuliah. Mata kuliah tersebut kemudian ditransfer dan diakui kreditnya sesuai dengan jumlah SKS yang direkomendasikan, yaitu 20 SKS. Semenjak awal masuk kuliah aku sudah mempersiapkan diri aku untuk mengambil setiap kesempatan atau peluang belajar di luar negeri,”. Rachel juga menambahkan bahwa melalui program IISMA ini, dapat menjadi wadah yang tepat untuk para mahasiswa/i agar mengetahui bagaimana rasanya belajar bersama teman-teman dari mancanegara dengan situasi dan lingkungan yang baru. Hal tersebut akan memperluas pandangan dan pemahaman terkait budaya dan pendidikan di luar Indonesia.

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN