Kuliah Tamu: Memahami Pembangunan Keberlanjutan Melalui Penulisan Akademik

Jakarta, 17 Mei 2022 – Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia mengadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Penulisan, Presentasi, dan Publikasi Akademik (P3A) bersama Ibu Kanya Damacanti, MA selaku direktur Program INADIS yang berfokus kepada penelitian dan juga presentasi sebagai pemateri dalam kuliah tamu kali ini. Materi yang dibawakan oleh Ibu Kanya adalah mengenai “Memahami Pembangunan Berkelanjutan Melalui Penulisan Akademik” yang berfokus kepada penulisan akademik yang berhubungan dengan pembangunan berkelanjutan.

Di awal materi, Ibu Kanya memberikan 1 tugas kelompok yaitu menganalisis mengenai artikel yang berjudul Effect Of COVID-19 on the Sustainable Development Goals (SDGs) dan langsung memberikan ruang untuk kelompok – kelompok agar dapat memberikan jawabannya untuk didiskusikan dan dijelaskan lebih lagi oleh Ibu Kanya.Lalu mulai membahas mengenai teori tentang menulis mulai dari mengapa kita harus menulis, langkah – langkah untuk menulis sebuah penulisan akademik atau karya ilmiah. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Outlining yang sangat penting dalam penulisan akademik, dan selama materi ini berlangsung mahasiswa/I aktif bertanya dan menjawab dari apa yang disampaikan oleh Ibu Kanya.

Setelah Ibu Kanya memberikan kesimpulan mengenai materi yang disampaikan pada sesi berikutnya, Ibu Kanya dan juga moderator membuka sesi tanya jawab dan juga diskusi. Saat sesi ini, ada beberapa mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan. Selanjutnya, Ibu Kanya memberikan tugas individu mengenai pembuatan paper dengan tema SDGs serta dilanjutkan dengan sesi pemberian sertifikat secara online dan dokumentasi bersama para mahasiswa/I kuliah tamu Penulisan, Presentasi, dan Publikasi Akademik (P3A).

 

 

 

 

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN