ASEAN Youth Act in Achieving a Sustainable Future During the Post-Pandemic Era

Jakarta 29 Juni - 1 Juli 2022 - Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) mengadakan konferensi Internasional yang membahas isu-isu terkini yang membutuhkan perhatian lebih oleh para pengambil kebijakan di masa pandemi. Kegiatan ini juga ingin melibatkan ide-ide dan inovasi baru dari para pemuda di kawasan Asia Tenggara untuk memenuhi tujuan kegiatan ini. ASEAN Youth Conference merupakan kegiatan forum yang akan membahas dan menyampaikan gagasan antar peserta, baik secara individu maupun kelompok. Adapun tema yang diangkat berjudul “ASEAN Youth Act in Achieving a Sustainable Future during the Post-Pandemic Era” dengan tiga sub tema, yaitu Ekonomi, Sosial Budaya, dan Lingkungan. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, dimana hari pertama diawali dengan registrasi peserta dan bersiap memasuki ruang konferensi serta dilanjutkan dengan doa pembuka dan sambutan oleh Dr. rer. pol. led Veda R. Sitepu, SS., MA selaku Wakil Rektor Universitas Kristen Indonesia dan dilanjutkan dengan kata sambutan pembuka oleh Dra. VL. Shinta Herindrasti, M.A selaku Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Kristen Indonesia, lalu sambutan pembuka oleh Rachel Shannon Twigivanya selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Fisipol UKI. Konferensi ini dihadiri oleh beberapa pembicara, dengan masing-masing sub-temanya.

Pada sub-tema Ekonomi, konferensi dihadiri oleh Kartini Sarsilah Ningsih selaku Presiden IDN Global dan Imelda Sianipar selaku dosen Universitas Kristen Indonesia. Lalu pada sub-tema Sosial Budaya, konferensi dihadiri oleh Chea Sophea selaku Direktur Eksekutif Perpustakaan Umum PUC/AmCam Exchange, dan Penasihat Education USA serta Arienne L. Calingo selaku Konsultan Penerimaan dan Produser Video untuk Leap Finance (Lulusan Universitas Harvard). Sedangkan pada sub-tema Lingkungan, konferensi dihadiri oleh Novia Widyaningtyas, S.Hut., M.Sc selaku Staf Ahli Mentri LHK Bidang Industri dan Perjanjian Internasional serta Novi Pratiwi Lestari selaku AYO Enviro Education Officer.

Kegiatan International Student Summit ASEAN Youth Conference diikuti oleh berbagai universitas di setiap negara, mulai dari Indonesia, Filipina, Kamboja, Korea Selatan, China, Malaysia, hingga Jepang. Pada hari pertama, Konferensi Lingkungan mengenai “Lingkungan Strategi ASEAN dalam Menganalisis Perilaku Masyarakat Terhadap Perubahan Iklim untuk Mencapai Masa Depan Iklim yang Aman) & (Peran Organisasi Internasional tentang Kerjasama dan Kemitraan Lingkungan di Asia Tenggara”. Pada hari kedua yaitu Konferensi Ekonomi mengenai “Pemanfaatan Ekonomi Digital dalam Mendorong UKM untuk Memperkuat Ekonomi ASEAN di Tengah Daya Saing Global) & (Peran dan Strategi ASEAN dalam Menghadapi Ketimpangan dan Mengurangi Kemiskinan”. Pada hari terakhir yaitu Konferensi Sosial Budaya mengenai “Pengaruh Budaya Barat dalam Masyarakat ASEAN) & (Kesetaraan Gender dalam Rezim Internasional dan Implementasinya kepada Negara-negara ASEAN”. Di hari terakhir ini, diakhiri dengan ucapan terima kasih oleh Dr. Verdinand Robertua S.Sos., M.Sos.Sc. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UKI dan dilanjutkan dengan Closing Ceremony.

 

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN