Fember Larastina: Pemerintah Harus Berikan Perhatian yang Lebih Untuk Anak-Anak Indonesia

 

Jakarta, 15 Juli 2022 - Salah satu mahasiswa Universitas Kristen Indonesia dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Prodi Hubungan Internasional yaitu Fember Larastina membuat sebuah prestasi menjadi Pembicara materi pada Forum Internasional Mahasiswa seluruh Indonesia. Adapun forum belajar ini dilaksanakan oleh generasi muda dari Mahasiswa Indonesia dan Panama dengan tujuan meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Panama melalui bidang pendidikan serta meningkatkan kesadaran tentang peran anak muda dalam menjaga lingkungan. Pada student forum ini, terdapat 9 pembicara yang berasal dari berbagai Universitas seperti Universitas Esa Unggul, Universitas Airlangga, Universitas Autonoma de Chiriqui, Centro Regional Universitario De Azuero dan Universitas Kristen Indonesia. Forum ini juga menghadirkan duta besar dan Konsultan Marketing. Dalam forum ini, terdapat 3 topik utama yaitu Pertama, Peran pemuda dalam lingkungan dan Kedua, Solusi dan Ide dalam menyelesaikan kerusakan Lingkungan. Fember membawakan topik tersebut dengan menspesifikkan dari Sikap Konsumtif Manusia yang menyebabkan kerusakan Lingkungan tersebut dengan mencantumkan Data sampah plastik di Dunia dan data hewan yang mati demi kelangsungan hidup manusia yang justru merusak Bumi dalam materinya.

Melalui forum ini, tentu akan banyak insight dan benefit yang bisa didapatkan serta motivasi. Fember mengaku bahwa dari diskusi pada student forum tersebut, ia bisa mengerti bagaimana pola pikir orang lain dalam menanggapi masalah kerusakan lingkungan di Dunia dan ide-ide orang lain dalam usahanya menyelamatkan Bumi. Secara terang-terangan, Fember juga mengaku bahwa motivasi terbesar ia mengikuti Student Forum ini karena ajakan dan Feedback kepada Bapak Duta Besar yang sebelumnya sudah menghadiri webinar yang dilaksanakan oleh Fember dan teman-temannya dalam mata Kuliah Teori Hubungan Internasional. Terlepas dari itu, Fember bersyukur bahwa ia diberikan kesempatan memberikan suaranya pada Student Forum Internasional tersebut dan bisa membanggakan nama Fisip-UKI. Juga, dalam rangka merayakan hari Anak Nasional, penulis juga mewawancarai bagaimana pendapat Fember tentang Hari Anak Nasional di Indonesia ini. Menurut Fember, Hari Anak Nasional (HAN) tentu sangat penting dan seharusnya Pemerintah memberikan perhatian yang lebih pada hari nasional tersebut karena melalui Hari Anak Nasional, anak-anak akan sadar bahwa mereka yang akan kelak menjadi Generasi Penerus, jadi jika HAN dari awal sudah tidak dianggap penting maka bagaimana nanti masa depan bangsa jika mereka juga tidak dianggap penting. Fember juga berpendapat bahwa kondisi anak zaman sekarang sudah sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana anak-anak sekarang sudah bisa bersikap acuh-tak-acuh padahal seharusnya di usia mereka yang masih muda, tingkat keingintahuan mereka harus tinggi.

Sifat individualis sudah tertanam karena sejak awal mereka sudah disuguhkan dengan kepraktisan dari majunya teknologi. Juga, tidak lupa bahwa kenakalan remaja sudah semakin meningkat dikarenakan mereka sudah tergerus oleh penyalahgunaan teknologi, salah satu yang sedang hangat adalah tingkat penonton pornografi dari usia remaja semakin tinggi. Baru-baru ini, banyak beredar video wawancara antara anak-anak dan seorang interviewer dewasa. Dalam video tersebut, anak-anak ditanya tentang gambar-gambar pahlawan namun tidak satupun dari mereka yang tahu nama pahlawan dari gambar tersebut. Saat ditanya gambar dari para artis yang sedang viral, mereka langsung teriak-teriak kesenangan menjawab. Mirisnya, nasionalisme anak-anak zaman sekarang seiring berjalannya waktu semakin menurun dan hal itu yang perlu menjadi perhatian lebih bagi pemerintah dan seluruh masyarakat karena mereka yang akan menjadi penerus.

Di akhir sesi wawancara Penulis dengan Fember, terdapat harapan yang ingin disampaikan Fember kepada seluruh anak di Indonesia, “Pendidikan itu penting, jangan cuma berharap mendapat pendidikan dari sekolah saja, jadilah mandiri, cari ilmu, dunia semakin berjalan dan maju maka kita juga harus ikut maju, jangan mau ketinggalan di belakang, dan harapan terbesar bagi seluruh anak di Indonesia adalah tingkatkan nasionalisme, karena kita hidup di Indonesia, tanah air kita, cintai negara kita melalui nasionalisme mu”.

 

 

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN