KEMERDEKAAN MERUPAKAN SUATU PENGINGAT DARI SEBUAH PERJUANGAN YANG BERSEJARAH

Sumber gambar: Canva.com

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil bumi dan lautnya, memiliki banyak pulau serta ada 37 provinsi yang tersebar dari sabang sampai Merauke. Indonesia adalah negara dengan penduduk yang begitu banyak serta terdiri dari beberapa suku, adat, budaya, serta agama kepercayaan masing-masing. Hal itulah yang membuat negara yang kita cintai ini, begitu mencerminkan persatuan serta kesatuan dan adanya rasa kebersamaan dan sama-sama berjuang demi masa depan bangsa negara kita agar negara Indonesia lebih maju dan sejahterah. Kemerdekaan negara Indonesia ini diperingati setiap tanggal 17 agustus di negara kita. Sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia bermula dari Perjuangan para pahlawan negara Indonesia yang berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia dengan semangat dan melakukan pengorbanan yang begitu besar serta tidak menyerah dengan apa yang sedang mereka perjuangkan dan karena itulah pahlawan negara Indonesia telah membicarakan untuk lebih berani melawan penjajah yang menjajah negara Indonesia supaya negara Indonesia bisa memperebutkan kemerdekaannya.

Tepatnya pada 9 Agustus 1945, saat adanya peristiwa bom atom yang dijatuhkan di atas Nagasaki dan menyebabkan Jepang menyerah kepada negara Amerika beserta sekutunya dan peristiwa tersebut dimanfaatkan oleh negara Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya Dan mengibarkan bendera negara Indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. dan kemerdekaan Indonesia itu diproklamasikan tepatnya di hari Jumat serta dibacakan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno Hatta dan didampingi oleh Muhammad Hatta. Kebersamaan serta rasa saling peduli Dan tolong menolong sesama masyarakat dan bangsa Indonesia merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh negara Indonesia dan harus tetap terus untuk dijalankan di dalam kehidupan sehari-hari agar terciptanya rasa tolong-menolong saling mengasihi terhadap satu sama lain.

Sebagai warga negara Indonesia kita harus mampu menjaga dengan baik status kemerdekaan Indonesia dan memaknai bahwa pada saat ini perayaan hari kemerdekaan negara Indonesia tidak hanya sekedar merekam saja akan tetapi di hari itu kita menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi sebagai warga negara Indonesia yang baik kepada diri masing-masing sehingga nantinya setiap individu tersendiri akan memaknai bahwa kemerdekaan di negara Indonesia tersebut benar-benar termaknai. Walaupun mungkin saat ini Indonesia masih berada dalam era pandemi covid, itu bukan merupakan penghalang bagi negara Indonesia untuk merayakan serta mengingat kembali kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan dengan tetesan darah dan keringat para pahlawan. Covid 19 yang tidak terkendalikan di era pelaksanaan merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-77 yang dimana itu merupakan rasa peduli kita dalam memaknai nilai-nilai Pancasila serta bhinneka tunggal Ika dalam mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak perbedaan seperti suku, adat, budaya serta lain sebagainya yang nantinya akan menjadi sesuatu hal yang memaknai keberadaan kebersamaan negara Indonesia yang bebas serta lepas dan tidak terjajah lagi. Namun pemaknaan tersebut akan lebih mendalam lagi apabila sebagai negara Indonesia kita lebih merujuk pada sifat-sifat yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila dan konteksnya pada zaman sekarang atau pada zaman kebangsaan negara Indonesia itu sangat mempengaruhi relevansi maknanya tersebut.

Lalu pada kemerdekaan negara Indonesia ini adanya rasa keadilan terhadap negara atau seluruh rakyat Indonesia seperti yang tertulis dalam sila ke-5 yaitu " keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" yang artinya memaknai kemerdekaan yang sejati bagi negara Indonesia dan menunjukkan bahwa pemerintah pada bangsa Indonesia itu dapat memberikan suatu pedoman secara luhur dan bijaksana terhadap negara Indonesia yang di mana tidak hanya mengejar kemerdekaan Indonesia saja akan tetapi juga memerdekakan warga negaranya. Perbedaan seperti suku, adat, budaya serta lain sebagainya yang nantinya akan menjadi sesuatu hal yang memaknai keberadaan kebersamaan negara Indonesia yang bebas serta lepas dan tidak terjajah lagi. Namun pemaknaan tersebut akan lebih mendalam lagi apabila sebagai negara Indonesia kita lebih merujuk pada sifat-sifat yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila dan konteksnya pada zaman sekarang atau pada zaman kebangsaan negara Indonesia itu sangat mempengaruhi relevansi maknanya tersebut.

Namun di sisi lain, setiap individu saat ini sebagai warga negara Indonesia yang bebas dan perasaan bebas yang dirasakan oleh manusia itu penting dalam merasakan keberadaan kemerdekaan Indonesia yang sekarang sudah 77 tahun telah berlalu dan membiasakan untuk berpikir kritis dan jangan lewat hal tersebut masyarakat dapat memperoleh kemerdekaannya Dan terlibat dalam menentukan nasib dari dirinya sendiri serta membiasakan untuk menghadirkan di dalam diri setiap pribadi yang ada rasa demokrasi dalam memerdekakan masyarakat dan terhindar dan bebas dari kekangan para penguasa yang bertindak sewenang-wenangnya saja dalam membuat suatu kebijakan ataupun produk kebijakan di negara Indonesia. Jadi, marilah kita menjadi warga negara Indonesia yang baik taat akan nilai-nilai Pancasila dan mencerminkan kebhineka tunggal Ika serta membangun bersama-sama negara kita agar lebih baik lagi dan lebih maju lagi.

Penulis

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN