SOSIALISASI MENGENAI ENERGI BERSIH DALAM PENERAPAN PANEL SURYA DI SMAN I BABAKAN MADANG

Kamis, 21 Juli 2022 mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bersama dosen yaitu Dr. Verdinand Robertua, S.Sos., M.Soc.Sc. dengan judul “Sosialisasi Mengenai Energi Bersih Dalam Penerapan Panel Surya di SMAN I Babakan Madang”. Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Babakan Madang, Kp. Banceuy, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16811. Berkaitan dengan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PkM) yang akan dilakukan oleh tim PkM, kami menganalisis bahwa pentingnya penyusunan rencana pembelajaran daring pemanfaatan energi surya. Lokasi yang menjadi target kami adalah SMAN I Babakan Madang. 

Berdasarkan wawancara dengan pimpinan SMAN I Babakan Madang, informasi dan pengetahuan terkait pemanfaatan energi surya masih minim. Materi yang menyangkut mengenai energi surya atau energi terbarukan adalah mengenai pemanasan global yang dimana berhubungan dengan pemakaian energi bersih atau clean energy, dan menurut tenaga pengajar di SMAN I Babakan Madang bahwa dengan kurikulum baru dan juga kegiatan PkM yang akan dilakukan ternyata sangat dibutuhkan agar siswa/i langsung melihat objek dan juga cara pengaplikasiannya serta manfaat-manfaat yang dapat dilihat secara riil. 

Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) melalui sosialisasi yang sudah dilakukan, semoga dapat menjadi manfaat. Selain itu, dengan adanya sosialisasi terkait solar panel ini, dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa/i maupun masyarakat setempat tentang energi terbarukan, untuk mengeksplorasi hal-hal baru dan pengetahuan baru terkait hal ini.

PkM ini juga turut memberikan 4 buah lampu untuk dipasangkan di daerah-daerah yang tidak ada penerangan namun dapat memiliki potensi daya serap panas matahari yang cukup. Melalui kesepakatan bersama dengan tim dari SMAN 1 Babakan Madang alat tersebut dipasang di area parkir motor belakang 2 buah lampu dan gedung kelas baru 2 buah lampu. Waktu pelaksanaan kegiatan PkM yang kami lakukan ternyata bersamaan dengan kegiatan siswa/I baru di SMAN 1 Babakan Madang yang bernama MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Rangkaian kegiatan yang dilakukan di hari tersebut adalah Blok Kemah, Lampu panel surya yang kami berikan kepada sekolah amat sangat memberikan dampak positif terhadap siswa/I peserta Blok Kemah dan juga panitia serta jajaran guru pembimbing pada malam hari.

“sebelumnya kan kamu tau sendiri liv kalau ini gelap banget ga ada lampu, tapi terima kasih banyak untuk tim PkM yang udah kasih lampu nya karena berguna dan amat sangat bermanfaat saat Blok Kemah kemarin karena itu dampak yang sangat dirasakan oleh adik-adik baru kamu di sekolah BMONE ini” komentar dari pak Hery Susanto selaku guru di SMAN 1 Babakan Madang.

Tidak hanya memasang lampu panel surya, melainkan kami masuk kedalam materi sosialisasi kami mengenai energi bersih, sumber daya alam, dan juga SDGs (Sustainable Development Goals) atau pembangunan berkelanjutan. Selama materi berlangsung, kami melihat antusias dari siswa/I sangat positif dan dapat memahami materi yang sudah kami jelaskan, “materi yang dibawakan dapat dimengerti dan bisa saya pahami karena kakak-kakak dari UKI penyampaiannya seru dan asik jadinya gak ngantuk” salah satu komentar dari Niken siswi kelas XII SP 3.

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN