WEBINAR PERDANA FISIHIGH DALAM KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 26 Agustus 2022 - Semarak Kemerdekaan bagi setiap masyarakat Indonesia tentu akan selalu ramai dan terisi sepanjang bulan Agustus di setiap tahun, begitupun FisiHIGH dan Himakom yang memiliki semangat kemerdekaan yang membara sehingga Webinar yang dilakukan secara Hybrid oleh kedua organisasi ini bisa berlangsung dengan lancar dan baik. Kegiatan tersebut juga disambut baik oleh Dekan Fisipol UKI, Dr. Verdinand Robertua, M.Soc,.Sc dan beliau mendukung penuh terlaksananya webinar. Dengan 3 pembicara yaitu Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi (Singgih Sasongko, S.IP., M.Si), Executive and Founder Of Ruang Internasional (Jianly Imanuel Bagensa) dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2019 dan Ketua HIMAKOM (Enny Abigail Tribuana), para pembicara  yaitu Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi (Singgih Sasongko, S.IP., M.Si), Executive and Founder Of Ruang Internasional (Jianly Imanuel Bagensa) dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2019 dan Ketua HIMAKOM (Enny Abigail Tribuana), para pembicara membawakan topik yang bermanfaat dan berguna bagi wawasan umum anak generasi milenial sekarang. Topik dari setiap pembicara juga sesuai dengan tema yang diangkat pada webinar ini yakni “Merajut Kebersamaan dalam membangun sikap Nasionalis di Era Digital”.

Dalam pemaparan pembicara pertama, yaitu Enny Abigail Tribuana, pembicara memfokuskan topiknya pada keindahan dari keberagaman Indonesia yang dapat menjadi wujud dari sikap nasionalisme dan seharusnya  sudah terpuruk di setiap jati diri generasi milenial sekarang dan pembicara juga menunjang pernyataannya dengan memutar video “Wonderful Indonesia 2022” sehingga para generasi muda sadar bahwa Indonesia pada dasarnya sangat Indah dan patut untuk dibanggakan.

Jianly Imanuel Bagensa saat memberikan pemarapan materi pada acara webinar kemerdekaan yang dieselenggarakan oleh FisiHIGH x Himakom

Sedangkan pada pembicara kedua yakni Jianly Imanuel Bagensa, pembicara memfokuskan topiknya pada bagaimana implementasi dan wujud nyata dari sikap nasionalis tersebut yang seharusnya dilakukan oleh generasi milenial serta wujud nyata yang sudah dilakukan sendiri oleh pembicara dalam membanggakan Indonesia.

Pada pembicara ketiga, Singgih Sasongko, S.IP.,M.Si, pembicara memfokuskan topiknya pada bagaimana realita anak generasi sekarang dalam menyikapi sikap nasionalis dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau menyatakan bahwa generasi sekarang sudah tidak peduli dengan negara dan justru terlalu terbawa arus globalisasi sehingga Indonesia secara tidak sadar dan lambat laun semakin terbelakang karena sikap alamiah dari generasi sekarang yang acuh terhadap negaranya sendiri. Melalui webinar ini, para peserta juga menyampaikan pendapat mereka melalui kolom chat bahwa mereka tersadar selama ini, Indonesia semakin pudar dalam pikiran dan hati mereka, sehingga untuk menanam sikap nasional juga sudah sulit. 

Apabila masyarakat tidak mencintai dan bangga pada negaranya sendiri, lantas bagaimana negara tersebut bisa berjuang tanpa masyarakat yang mendukung? Lewat webinar ini juga, Gen Z tertampar realita bahwa negaranya sendiri sudah tertinggal jauh oleh negara lain karena masalah sepele yang berujung masalah besar yaitu minimnya sikap nasionalis. Sebagai pemuda yang terlahir di era globalisasi sudah semestinya kita memahami segala tantangan kedepannya dalam kehidupan bernegara sebagai salah satu bentuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Jangan pernah terbawa kegemerlapan budaya baru yang masuk, bisa saja budaya tersebut merupakan awal dari pelemahan karakter hingga akhirnya memudarkan bahkan menghilangkan rasa nasionalisme yang kita miliki sehingga karakter menjadi pilihan utama bagi setiap pemuda Indonesia.

Beralih dari bobot materi dari setiap pembicara, adapun keunikan dari webinar ini, dalam sesi pemaparan materi, antara pembicara dan peserta webinar terdapat keinteraktifan dimana para peserta bisa memberikan pendapat, jawaban dari pertanyaan para pembicara, maupun sanggahan, sehingga webinar berjalan secara aktif, menyenangkan dan banyak wawasan yang bisa didapatkan. Tidak hanya itu, di setiap ulang tahun Indonesia, tentu masyarakat akan selalu heboh dan semangat untuk memeriahkan lomba-lomba yang diselenggarakan, dalam webinar ini, para panitia juga menyediakan perlombaan dengan sistem QnA melalui Platform soal jawaban online. Maka dari itu, para peserta mendapatkan banyak manfaat melalui webinar ini yang tidak hanya memberi wawasan namun beberapa diantara mereka beruntung bisa mendapatkan hadiah dan merasakan kemeriahan kemerdekaan Indonesia.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN