Kuliah Tamu IHI - Dinamika Politik dan Kebijakan Luar Negeri di Amerika Selatan

Jakarta - Kelas Politik & Kebijakan Luar Negeri Ilmu Hubungan Internasional mengadakan Kuliah tamu yang merupakan bagian dari mencapai rangkaian pembelajaran mata kuliah Politik & Kebijakan Luar Negeri dengan tema ‘Dinamika Politik dan Kebijakan Luar Negeri di Amerika Selatan,’ (8/12/2021).

Tema tersebut dipilih untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa mengenai isu dan dinamika kebijakan luar negeri di Kawasan Amerika Latin. Narasumber yang berkesempatan hadir dalam kegiatan kuliah tamu ini ialah Sebastian Sterzer, M.A yakni seorang peneliti IHI dan perdagangan internasional dari Universidad de Lujan.

Dalam sesi pemaparan materi, narasumber membahas mengenai kondisi politik, ideologi, ekonomi serta hukum beberapa negara di Kawasan Amerika Latin yang secara tidak langsung membentuk wajah kebijakan luar negeri serta kontur regionalisme di Amerika Latin itu sendiri.

Disamping itu, narasumber juga menjelaskan keterlibatan negara eksternal dalam pembentukan kebijakan luar negeri negara-negara di Amerika Latin seperti AS, Tiongkok dan ASEAN.

Sesi diskusi atau tanya jawab dalam Webinar ini disambut antusias oleh peserta, seperti pertanyaan yang diajukan oleh Yesi, Ave, Micha, dan Fabian. Para peserta bertanya mengenai ideologi politik pink-tide yang sarat akan negara Amerika Selatan, isu kebijakan luar di negeri salah satu negara Amerika Selatan, Argentina. Juga, berdiskusi tentang isu kemiskinan dan neoliberalisme yang merupakan Sebagian masalah utama negara-negara di Kawasan ini. Hal ini dijawab secara detail dan jelas oleh narasumber. Bapak Sebastian menjelaskan bahwa pink-tide merupakan ideologi politik hybrid yang bersayap kiri dan cenderung menjauhi neoliberalisme.

Selain itu, Argentina merupakan salah satu negara Amerika Selatan yang memiliki sejarah demokrasi yang panjang. Namun, dalam perjalanannya, Argentina mengalami stagnasi ekonomi akibat tidak dapat memanfaatkan peluang emas ekonomi yang datang. Disamping itu, negara-negara di Amerika Selatan juga memiliki beberapa isu besar seperti kemiskinan dan neoliberalisme yang tidak terkendali, hal ini diakibatkan kurangnya kehadiran peran pemerintah secara maksimal.

Kegiatan kuliah tamu pun berlangsung dengan lancar dan sukses lho, sobat FisiHIGH! dapat terlihat dari sesi tanya jawab dan antusiasme para mahasiswa dan dosen dengan jumlah peserta yang mencapai 48 orang melalui aplikasi Microsoft Teams.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN