Kuliah Umum: Implementasi Good Governance pada Pemerintah Daerah

Jakarta, 14 Januari 2022 - Program Studi Ilmu Politik UKI mengadakan Kuliah Umum “Implementasi Good Governance pada Pemerintah Daerah” dengan Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si. sebagai pembicara utama. Sebelum Kuliah Umum berlangsung, Dr. Verdinand Robertua, S.Sos., M.Soc.,Sc. memberikan pengantar materi yang menekankan bahwa hasil diskusi dari Kuliah Umum tersebut akan menjadi bekal bagi mahasiswa Ilmu Politik UKI dalam melakukan penelitian lainnya yang berhubungan dengan Ilmu Politik.

Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si. mengawali pemaparan materi dengan penjelasan mengenai Good Governance yang merupakan tata kelola pemerintahan yang baik. Tata kelola tersebut menjadi suatu prasyarat yang harus dilakukan. Hal tersebut dikarenakan adanya urgensi Good Governance pada pemerintah daerah yang sebenarnya berhadapan langsung dengan rakyat. Tanpa adanya partisipasi rakyat, penyelenggaraan pemerintahan tidak dapat dijalankan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa konfigurasi penyelenggaraan Good Governance di daerah provinsi, kabupaten/kota masih terlihat bervariasi.

Artinya, ada yang menonjol untuk berbagai bidang dan ada pula yang perlu peningkatan di beberapa bidang. Lalu, beliau juga menjelaskan bahwa implementasi Good Governance pada pemerintah daerah menunjukkan kemampuan kepada daerah dalam mengatur kelembagaan pemerintah daerah. Dikatakan demikian karena sebenarnya indikator keberhasilan dari Good Governance sendiri terletak pada kemampuan seorang kepala daerah.

Seorang pemimpin atau kepala daerah harus memiliki keberanian, ketegasan, kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, inovatif, dan memiliki dukungan anggaran yang memadai. Kepemimpinan inilah yang akan mempengaruhi, menggerakkan, dan mengarahkan pemerintahan agar kondisi tata kelola pemerintahan yang baik dapat terwujud. Sesi selanjutnya adalah diskusi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan implementasi Good Governance pada pemerintah daerah. Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si. menjawab pertanyaan tersebut dan menegaskan kembali bahwa kemajuan suatu daerah ditentukan oleh sejauh mana komunikasi antara pemimpin daerah dengan pemerintah pusat berlangsung. Karena faktor kunci dalam implementasi Good Governance di daerah membutuhkan partisipasi rakyat, dukungan gubernur dan provinsi, dan dukungan pusat.

Di akhir, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si. mengingatkan mahasiswa Program Studi Ilmu Politik UKI untuk giat belajar dan menguasai ilmu yang dipelajari, serta mempersiapkan diri untuk tampil prima. Karena apa yang dihadapi ke depan adalah era tata kelola pemerintahan yang baik, yang disebut dengan Good Governance dan berbasis pada digitalisasi administrasi, serta manajemen.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN