Lab Studio TV Prodi IKOM Meraih Sertifikasi ISO 9001:2015

Jakarta – Fasilitas-fasilitas Studio dan Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisipol UKI mendapat apresiasi dari lembaga sertifikasi standar internasional yakni QSCert, dengan sertifikasi ISO 9001:2015. Fasilitas tersebut salah satunya adalah Lab Studio TV yang sedang melakukan akreditasi. Lab tesebut adalah wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi keahlian dan kreatifitas serta mengasah kemampuan mahasiswa pada bidang penyiaran khususnya di bidang Televisi. Untuk mendukung kegiatan sertifikasi tersebut maka terbentuklah tim ISO Ilmu Komunikasi (IKOM) UKI. Beberapa mahasiswa IKOM pun juga menampilkan berbagai hasil karyanya dalam bentuk multimedia konvergensi antara Video konten kreatif dan YouTube. Baik karya sebagai tugas kuliah maupun hasil sebuah project.

Alasan dilakukannya akreditasi Lab Studio TV dengan sertifikasi standar internasional adalah yang pertama, QSCert merupakan salah satu lembaga akreditasi paling signifikan untuk semua jenis laboratorium, universitas, dan pusat penelitian yang melakukan pengujian dan kalibrasi, oleh karena itu QSCert memungkinkan pengujian Lab Studio TV sesuai dengan kompetensi teknis. Kedua, jika Lab Studio TV memiliki sertifikasi ISO 9001:2015, maka akan dinyatakan bahwa hasilnya konsisten dan akurat dan dihasilkan menggunakan protokol standar industri.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UKI yakni Singgih Sasongko, S.IP., M.Si mengatakan, akreditasi ini merupakan hal penting untuk Ilmu Komunikasi, bahkan untuk UKI. “sertifikasi adalah hal penting bagi kami. Oleh karena itu, tim ISO kami sudah sangat serius menyiapkannya. Bukan hanya disiapkan ketika akan akreditasi, tetapi memang sudah dilakukan selama proses perkuliahan dan berjalannya kampus UKI ini. Saya yakin dan percaya semua Dosen dan Tenaga Kependidikan UKI juga mendukung dan komitmen menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Lab Studio TV ini cukup lengkap dengan perangkat berstandar nasional yang memiliki dua ruangan yaitu control room dan ruang produksi yang dilengkapi dengan 2 kamera, mixer/switcher video, monitor televisi, teleprompter, komputer PC, komputer edit, lampu tata cahaya, background studio, dll.semua fasilitas digunakan untuk Praktek Presenter, Editor Audio/Video, Kameraman, Produksi Berita, hingga produser siaran berita.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN