PKM Kelas Public Relations: Kiat Generasi Muda Melawan Kekerasan Seksual di Media Sosial

Jakarta, 21 Januari 2022 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurusan Public Relations angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia mengadakan Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Sosialisasi Generasi Muda Tanpa Kekerasan Seksual Di Media Sosial”. Yang diselenggarakan melalui zoom meeting pada hari Jumat, 21 Januari 2022 Pukul 14.00 - 16.15 WIB dan juga bekerjasama sebagai Media Partner dalam webinar ini terdapat Female In Action (FIA), dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisipol UKI dan dihadiri oleh 97 peserta dalam webinar ini.

Kekerasan seksual merupakan salah satu bentuk kekerasan berbasis gender (gender based violence) yang didefinisikan sebagai tindakan yang menimbulkan kerusakan atau penderitaan fisik, seksual atau psikologis; termasuk ancaman dengan tindakan tertentu, pemaksaan, dan berbagai perampasan kebebasan.Melalui sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada kalangan remaja, diharapkan webinar ini mampu memaparkan terkait kekerasan seksual pada media sosial dapat terlaksana dengan baik. Dan dengan adanya kegiatan ini diharapkan untuk dapat memutus kekerasan seksual seperti catcalling dalam media sosial.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya kata sambutan oleh Bapak Singgih Sasongko, S.IP., M. Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh Kak Formas Juitan Lase, S.Sos., M.I.Kom selaku Dosen Mata Kuliah Komunikasi & Gender Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Indonesia dan juga Ketua Tim Pengusul. Selanjutnya kata sambutan oleh Shekina Qesya Valeri selaku Ketua Pelaksana yang merupakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 Universitas Kristen Indonesia. Webinar kali ini menghadirkan dua narasumber dan dimoderatori oleh Enny Abigail Tribuana yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Indonesia. Selanjutnya pembicara pertama yaitu Hanna Karen Piris selaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 Universitas Kristen Indonesia dalam pembahasan tentang Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).  Dalam pembahasannya ia menjelaskan bahwa kekerasan berbasis gender yang difasilitasi teknologi sama seperti kekerasan berbasis gender di dunia nyata, tindakan kekerasan tersebut harus memiliki niatan atau maksud melecehkan korban berdasarkan gender atau seksual (SAFENet), kekerasan berbasis gender pada sosial media meningkat saat pandemi karena masyarakat menggunakan teknologi.

Dalam pemaparannya Rianda menyampaikan tentang Catcalling yang merupakan suatu Pujian ataupun pelecehan seksual. Dan pesan Rianda jangan pernah mewajarkan tindakan pelecehan seksual. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Adapun pertanyaan yang diajukan oleh empat orang penanya adalah yang berkaitan dengan Catcalling dan kekerasan berbasis gender.

Selanjutnya acara dilanjutkan kembali dengan sesi games menggunakan Quizizz. Sesi games yang diikuti oleh 77 peserta. Acara dilanjutkan dengan sesi sharing dan kembali ke sesi tanya jawab untuk pertanyaan yang belum sempat terjawab. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta pembacaan nama-nama untuk yang berkesempatan menang dan mendapatkan hadiah spesial dari games dan sharing. Acara ditutup dengan doa penutup oleh Esti Marsela selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Indonesia.

Dalam kegiatan ini berlangsung dengan lancar, terlihat dari keaktifan yang mengikuti dan para peserta yang mengajukan banyak pertanyaan kepada narasumber pada saat sesi tanya jawab dan berpartisipasi peserta dalam kuis. Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki kesadaran akan pentingnya berkomunikasi pada media sosial agar tidak melakukan perilaku yang menyimpang sehingga bisa merugikan pihak lain, juga bisa mengedukasi para siswa untuk tidak memberikan komentar-komentar yang bisa menyinggung individu lain.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN