PKM Kelas Public Relations: Langkah Awal Mengenal Minat & Bakat bagi Kalangan Siswa/i SMK

Jakarta, 13 Januari 2022 - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2019 mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif Universitas Kristen Indonesia mengadakan Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pengenalan Minat dan Bakat bagi Kalangan Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan”. Acara diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan Paramitha 1 pada (13/1) dan dihadiri oleh 53 peserta dalam seminar ini.

Acara ini dimulai dengan registrasi dan kata sambutan oleh Ibu Sunengsih Selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa Ilmu Komunikasi, UKI dan dilanjutkan oleh pembicara pertama yakni Dr. Chontina Siahaan, S.H., M.Si dosen Ilmu Komunikasi Fisipol UKI. Ibu Chontina mengatakan komunikasikan Minat dan Bakat anda, dan komunikasi merupakan kunci sukses untuk mengetahui apa minat dan bakat kita. Di era sekarang sangat erat dengan sosmed atau media digital. Media digital sekarang perlu dipahami agar dapat mengkomunikasikan minat dan bakat kita. Kita harus memahami diri kita sendiri agar dapat disampaikan kepada orang lain. Media Sosial atau media digital seperti Instagram, facebook, youtube, atau line dapat digunakan sebagai mengkomunikasikan atau mengembangkan citra diri kita, yang dimana interaksi dengan media digital dapat mengembangkan minat dan bakat kita. Bakat merupakan hal yang melekat sejak lahir, sedangkan minat bisa timbul selama masa tumbuh kembang.

  • Mengobservasi diri sendiri, maka anda akan menemukan atau tahu potensi-potensi yang ada dalam diri kita.

  • mindset untuk memakai waktu dan kesempatan yang ada. Bakat adalah sebuah sifat dasar, kepandaian dan pembawaan yang dibawa sejak lahir. Pengaruh media dalam menemukan minat bakat. Media sangat berpengaruh terhadap pembentukan minat dan bakat seseorang (Lena, Anggraini, Utami, & Rahma, 2020).

Nah itu dia teman – teman, apakah saat ini kalian sudah mengenali diri sendiri? seperti apa minat dan bakat diri yang kalian inginkan?

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN