PKM Webinar: Upaya Meningkatkan Daya Ekspor Impor Di Kalangan Remaja Nusa TenggaraTimur (NTT)

Jakarta, 25 Januari 2022 – Mahasiswa program studi Ilmu Hubungan Internasional kembali mengadakan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dalam bentuk acara webinar. Bekerjasama dengan Task Force 14 RESPECT dan Mitra GBI Mawar Saron Kupang, webinar yang telah dilaksanakan kebanyakan masyarakat, mahasiswa, dan jemaat GBI Mawar Saron Kupang terkhususnya para pemuda ini masih kurang pengetahuan mengenai ekspor.

PKM ini dipimpin oleh salah satu dosen prodi IHI yakni Darynaufal Mulyaman, S.S., M.Si selaku ketua tim pengusul. Dengan adanya webinar ini, mahasiswa dan pemuda NTT bisa mengetahui banyak mengenai ekspor yang diberikan oleh narasumber. Adapun narasumber yang diundang untuk membahas secara mendalam tentangb topik yang diusung yaitu, Erwin Yuan selaku Designer and Fashion Stylish COE Pandan Tenun NTT dan Gilbert Dwi Sandy selaku Coffee Expert, serta dimoderatori oleh Abigail selaku mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UKI.

Dengan adanya webinar ini, mahasiswa dan pemuda NTT bisa mengetahui banyak mengenai ekspor yang diberikan oleh narasumber. Mereka lebih mengetahui mengenai bagaimana hasil produk daerah seperti kain tenun, serta kopi yang bisa di ekspor ke luar Indonesia dan mereka juga mendapat materi tentang ekspor. Task Force 14 RESPECT berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, atau lebih spesifiknya berasal dari Program studi Hubungan Internasional, Universitas Kristen Indonesia. Task Force 14 RESPECT tidak melakukan interaksi secara langsung dengan masyarakat sasaran dikarenakan terdapat beberapa pertimbangan yaitu salah satunya adalah pandemi yang mengharuskan kami untuk melakukan acara ini secara Online melalui media platform media Zoom.

GBI Mawar Saron Kupang yang terletak di kota Kupang, NTT, merupakan salah satu gereja yang memiliki banyak jemaat. Mulai dari kalangan muda sampai kalangan yang sudah lanjut usia. Namun yang menjadi sasaran webinar kali ini adalah para pemuda generasi bangsa. Hasil webinar ini membuat remaja-remaja GBI Mawar Saron Kupang mendapatkan informasi dan cara agar mereka bisa menjual barang mereka hingga ke luar negeri. Kemudian, juga sangat bermanfaat untuk para UMKM yang ada di NTT dalam mengembangkan usaha mereka dan dapat memberikan ruang untuk para pejuang UMKM lebih maju dan lebih kreatif dalam menjual usaha mereka. Setelah terlaksananya webinar ini, Fisipol UKI berharap para kalangan remaja GBI Mawar Saron dapat menjadi pencetus ide-ide kreatif baru, yang dapat membantu kemajuan daerah NTT seperti yang sudah dilakukan oleh narasumber yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuannya dalam mengelola sumber daya yang ada di NTT.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN