Prodi Ilmu Politik Fisipol UKI Berhasil Raih Akreditasi "Baik Sekali"

Sobat FisiHIGH pastinya tau dong prodi satu ini! Yup, Prodi Ilmu Politik. Prodi Ilmu Politik didirikan berdasarkan SK Menristekdikti No.27/M/Kp/III/2015 tanggal 20 Maret 2015. Dalam kurun waktu 2 tahun sejak berdirinya, Prodi Ilmu Politik FISIPOL UKI melakukan akreditasi untuk pertama kalinya dan mendapatkan peringkat C melalui SK Badan Akreditasi Nasional No.2961/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017. Kemudian tepat pada bulan ini, prodi Ilmu Politik melaksanakan Akreditasi Program Studi.

Akreditasi Program Studi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) didasarkan pada enam standar yakni, Visi-Misi, Kriteria Tata Pamong dan Tata Kelola, Kriteria Mahasiswa, Kriteria Sumber Daya Manusia, Kriteria Keuangan dan Sarana Prasarana, dan Apresiasi/Rekomendasi.

Pada penilaian pertama, dilakukan melalui Asesmen Kecukupan (AK). Dalam AK, dilakukan proses penilaian terhadap Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) beserta Laporan Evaluasi Diri (LED). Penilaian AK berlangsung hingga tanggal 7 September 2021. Dalam menilai AK, masing-masing asesor bekerja secara mandiri, mengacu pada Simple Guidance untuk Asesor, kemudian diunggah dalam menu AK masing-masing asesor dalam SAPTO, kemudian asesor menyelesaikan split, dan selanjutnya dinilai oleh validator, dan kemudian asesor memperbaiki sesuai masukan dari validator. Setelah kedua validator “OK” dan disetujui oleh DE BAN-PT maka dilakukan Asesmen Lapangan (AL). Untuk AL sendiri dilaksanakan pada Jumat, Sabtu 1-2 Oktober 2021 dan yang bertindak sebagai Asesor-1 adalah Dr. Sofa Marwah, M. Si (Universitas Jenderal Soedirman) dan Yulius Purwadi Hermawan, Ph.D sebagai Asesor 2. Pada saat AL, perguruan tinggi melakukan update TS 2019/2020 serta melakukan proses penilaian terhadap data dan informasi dari perguruan tinggi, berdasarkan bukti dokumen, wawancara, foto kegiatan, video, dan sebagainya sehingga berkesesuaian dengan kelayakan dan mutu.

Sesuai dengan Panduan AL daring BAN PT , kegiatan ini diawali oleh Dekan FISIPOL UKI yaitu Dr. Verdinand Robertua, M.Soc selaku Dekan FISIPOL UKI yang membacakan Surat Pernyataan Pelaksanaan Asesmen Lapangan dan dilanjutkan panel asesor yang menandatangani Surat Pernyataan Pelaksanaan AL dan menyatakan asesor tidak memiliki konflik kepentingan. Adapun adenda pada hari pertama yaitu, pembukaan pembacaan surat pernyataan, sesi dengan pimpinan fakultas, konfirmasi data dan informasi LKPS, sesi dengan penjaminan mutu, sesi dengan tim akreditasi, sesi dengan alumni, pengguna alumni dan mahasiswa. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan sesi dosen dan tenaga kependidikan. Saat AL berlangsung segara dilakukan konfirmasi dan klarifikasi semua data dan informasi dalam LKPS dan LED sesuai bukti-bukti di lapangan. Hasil dari pelaksanaan AL berupa Berita Acara yang sudah ditandataangani Dekan FISIPOL UKI Dr. Verdinand Robertua, M.Soc, Kaprodi Ilmu Politik Fransiskus Xaverius Gian Tue Mali, S.Ikom., M.Si, dan kedua asesor; Rekomendasi; dan Laporan Hasil Akreditasi.

Tahapan pelaksanaan AL dilaksanakan sesuai dengan Panduan AL Daring BAN PT, pada hari pertama yaitu pembukaan, pembacaan surat pernyataan, sesi dengan pimpinan fakultas, konfirmasi data dan informasi LKPS, sesi dengan penjaminan mutu, sesi dengan tim akreditasi, sesi dengan alumni, pengguna alumni dan mahasiswa. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan sesi dosen dan tenaga kependidikan. Dalam AL dilakukan konfirmasi dan klarifikasi semua data dan informasi dalam LKPS dan LED sesuai bukti-bukti di lapangan. Hasil dari pelaksanaan AL berupa Berita Acara yang sudah ditandatangani Dekan FISIPOL UKI Dr. Verdinand Robertua, M.Soc, Kaprodi Ilmu Politik Fransiskus Xaverius Gian Tue Mali, S.Ikom., M.Si, dan kedua asesor; Rekomendasi; dan Laporan Hasil Akreditasi.

Dengan berbagai upaya dan usaha yang cukup besar yang dilakukan oleh tim akreditasi Prodi Ipol, akhirnya Program Studi Ilmu Politik berhasil mendapatkan peringkat akreditasi Baik Sekali berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1168/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2021. Harapanya dengan prolehan peringkat ini, pastinya akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa Fisipol terkhususnya mahasiswa Prodi Ipol untuk tetap meningkatkan keaktifan dan inovasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN