Rapat Kerja Fisipol 2020 " Fisipol Hebat Menuju APS Unggul"

JAKARTA, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia mengadakan Rapat Kerja  (RAKER) 2020 dengan mengangkat tema “ Fisipol Hebat Menuju Akreditasi Program Studi Unggul,”  Rapat Kerja ini berlangsung secara daring melalui Microsoft Teams pada hari Selasa (11 – 12 Agustus 2020 ). Rapat kerja (raker) ini merupakan kegiatan tahunan yang membahas tentang rencana kegiatan dan program-program untuk setahun yang akan datang, dengan tujuan terwujudnya visi dan misi Fisipol UKI.

Dalam kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dekan Fisipol UKI, Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D serta  turut dihadiri civitas akademik Fisipol UKI yaitu,  Wakil Dekan, Ketua Prodi, Dosen, Staf TU dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Di samping itu, Kepala Biro Pengembangan Evaluasi Akademik (BPEA)  Dr. Desi Sianipar, M. Th juga turut hadir dalam Rapat Kerja kali ini dengan memaparkan materi tentang “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka”.

Pembukaan Rapat Kerja Fisipol UKI diawali dengan melaksanakan ibadah singkat yang dibawakan oleh Dr. Chontina Siahaan, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus pemaparan materi oleh Dekan Fisipol UKI Angel Damayanti. Dalam sambutannya,  ia mengatakan bahwa di tahun 2020 prestasi UKI mulai meningkat, hal ini dapat dibuktikan UKI  berada di peringkat  86,  berbeda dengan tahun sebelumnya  UKI berada di peringkat 100 di  tingkat Nasional.  Tidak hanya itu, Ia juga berharap target kedepannya UKI dapat masuk ke dalam kategori klaster II Nasional, yang artinya UKI berada di peringkat 83 dan tentu hal ini bisa dicapai dengan akreditasi Program Studi yang unggul serta peningkatan publikasi dosen.

 

Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D juga menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dan rekomendasi Rektorat, ada beberapa poin yang harus dilaksanakan oleh setiap program studi di UKI yaitu, setiap Prodi membangun materi  blended learning serta menyesuaikan dengan kurikulum yang diintegrasikan, meningkatkan publikasi dosen , mengembangkan sistem Road Map JJA dosen, dan merealisasikan digitalisasi dan internasionalisasi UKI.

Dalam pemaparan materinya, Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D menegaskan “setiap program studi yang ada di Fisipol UKI membuat suatu program yang dapat meningkatkan APS serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian atau kegiatan PkM sehingga,  lewat program-program dan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dapat menunjang peningkatan prestasi mahasiswa, profesionalitas mahasiwa dan tentu menciptakan sumber daya manusia yang unggul di Fisipol.”

 

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Wakil Rektor Akademik yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Fisipol UKI Dr. Verdinand Robertua.

Selanjutnya, pemaparan materi oleh Dr. Desi Sianipar, M.Th selaku Kepala BPEA. Dalam pemaparan materinya Ia mengatakan ada 5  keunikan kurikulum di tahun 2020 yaitu, Tiga Literasi  (Literasi Data, Literasi Teknologi,dan Literasi Manusia), Sistem Blended Learning, Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, RPS yang mengikuti format yang sudah ditentukan dan harus tersedia sebelum pembelajaran berlangsung, serta Pelaksanaan MKU terpusat dikelola Rektorat di Biro BPEA.

 

Sementara itu, menginplementasikan Merdeka Belajar -Kampus Merdeka sudah menjadi keharusan untuk diterapkan pada  setiap Program Studi yang ada di dalam UKI, hal ini menindaklanjuti PERMENDIKBUD No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

“Artinya, proses pembelajaran di luar Prodi dalam UKI adalah menjadi kebebasan mahasiswa mengikuti perkuliahan lintas Prodi sebanyak satu semester atau setara dengan 20 sks. Dalam proses pencapaian hal tersebut, Prodi dapat menyesuaikan kaebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya sehingga mahasiswa diberi kebebasan untuk mengambil mata kuliah kurang dari 20 sks dan kegiatan perkuliahan dapat diselenggarakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan maupun, diselanggrakan secara  daring,” Jelas Desi.

Kemudian di akhir pemaparan materinya ditutup dengan sesi tanya jawab. Setelah itu  dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja di tiap Prodi di Fisipol UKI.

Pada hari kedua ,  Rapat Kerja Fisipol UKI dibuka  dengan presentasi laporan kegiatan Fakultas oleh Dekan Fisipol Angel Damayanti, M.Si., M.Sc., Ph.D dan Wakil Dekan Dr. Verdinand Robertua. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi laporan kegiatan masing-masing Program Studi  yang ada di Fisipol UKI yaitu, laporan kegiatan Prodi HI dibawakan oleh Dra. VL. Sinta Herindrasti, M.A selaku Ketua Prodi Hubungan Internasional , laporan Kegiatan Prodi IKOM dibawakan oleh Singgih Sasongko, S.IP., M.Si  selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, dan laporan kegiatan Prodi IPOL dibawakan oleh F. X. Gian Tue Mali, S. Ikom., M.Si selaku Ketua Prodi Ilmu Politik. Di samping itu, sejumlah Organisasi Kemahasiswaan dan Kepala Pusat Kajian Pimpinan, Redaksi Jurnal, Laboratorium ikut andil dalam menyampaikan laporan kegiatanya.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN