Soal Dinasti Politik, Angel Damayanti Berikan Sejumlah Catatan

Sumber: https://elektoral.id/soal-dinasti-politik-angel-damayanti-berikan-sejumlah-catatan/

Sumber:https://m.mediaindonesia.com/read/detail/333174-politik-dinasti-wajar-asal-ikuti-aturan?lite=true&utm_source=google&utm_medium=googlefeed&utm_campaign=googlepartnership

Jakarta – Dinasti politik dalam pemilihan kepala daerah 2020, dikritisi sejumlah pemikir dalam diskusi daring ‘Pilkada Serentak 2020: Pesta Dinasti Politik’ yang digagas Komite Pemilih Indonesia (TEPI), Kamis (30/7). Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Kristen Indonesia (UKI), Angel Damayanti, hadir sebagai pemantik dan memberikan sejumlah pendapatnya.

PERLUASAN jaringan kekuasaan melalui keluarga atau kerabat masih wajar apabila mengikuti aturan yang berlaku atau tanpa melanggar aturan. Bahkan, politik dinasti kerap muncul di sejumlah negara dengan proses demokrasi yang sudah mapan, seperti Amerika Serikat.

Angel mengatakan pemilihan kepala daerah (pilkada) sebagai proses demokrasi harus dipastikan menjunjung nilai-nilai kesetaraan seluruh warga negara. Kandidat yang muncul dengan memiliki jaringan keluarga pemilik kekuasaan tertentu diperlakukan setara.“Kemudian mengikuti aturan dan tidak melanggar dan bila taat, politik dinasti masih sesuatu yang wajar,” ujarnya.Rekam jejak kandidatnya, lanjut Angel, mesti bersih dan diterima rakyat. Hal ini perlu pengawasan ketat. Yang terpenting ketika terdapat fenomena atau kemunculan kandidat yang memiliki kekerabatan, pemilih harus memiliki pemahaman demokrasi dan politik yang baik. Dengan begitu, mereka dapat menunaikan hak pilih dengan tepat
 

“Satu hal yang pasti, pilkada adalah bagian dari demokratisasi atau demokrasi dan prinsip paling mendasar kalau kita mengacu dari pemikiran Aristoteles, atau pemikir-pemikir barat tentang demokrasi, itu identik dengan freedom dan equality, kebebasan dan kesetaraan,” kata Angel.

“Artinya dalam proses demokrasi ini semua memiliki kebebasan dan semua memiliki kesetaraan, kesamaan hak, baik untuk memilih maupun dipilih. Tapi tentu saja di situ dibutuhkan aturan-aturan main, dan semua harus menghargai aturan,” terangnya.

Dijelaskan, pemilu atau pilkada itu hanya satu poin dari demokrasi karena ada juga banyak poin lainnya. Pilkada berbicara bagaimana rakyat bisa terlibat langsung, bagaimana rakyat bisa memilih langsung.

“Setiap negara memiliki kekhasan dari proses pemilu masing-masing. Negara-negara sosialis juga mengatakan mereka ada sistem pemilu. Negara-negara liberal pun punya sistem pemilunya sendiri. Termasuk pilkada ini adalah salah satu pilihan yang dipilih oleh Indonesia,” ujarnya.

Menurut Angel, pemilu di Indonesia basisnya kultural. Artinya mengakomodir budaya-budaya yang ada di setiap daerah. Ini yang sudah berlangsung beberapa kali dalam pemilu di Indonesia.

“Satu hal yang tidak bisa dipisahkan di Indonesia, adanya budaya paternalistik, kemudian ada juga sistem budaya kerajaan-kerajaan, sistem pemilihan atau pergantian pemimpin dengan sistem keturunan, sistem dinasti. Ini juga bagian dari yang tekadang sulit untuk dilepaskan di Indonesia,” paparnya.

Angel menegaskan, realitas politik dinasti tidak hanya terjadi di Indonesia, di negara lain pun itu juga tersaji. “Di Malaysia mantan Perdana Menteri Najib Razak, anaknya Tun Abdul Razak. Kemudian Benazir Bhutto adalah anak sulung dari Perdana Menteri Pakistan Zulfikar Ali Bhutto. Amerika juga ada dinastinya Kennedy, George Bush Senior dan Junior, Filipina juga, dan banyak di negara lain,” tuturnya.

“Artinya implementasi seperti ini terjadi di banyak tempat, di banyak wilayah, bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara lain. Yang menjadi penting, ada beberapa catatan. Misalnya, hal yang perlu kita pikirkan apakah wilayah politik dinasti ini sesuai dengan aturan yang ada. Walaupun spiritnya awal-awal dibuat jangan ada politik dinasti dan aturan yang berikut dicabut. Yang penting aturan mainnya sudah dibuat. Selama tidak melanggar aturan, itu buat saya sesuatu yang masih dalam proses yang wajar,” sebut Angel.

Hal kedua menurutnya, berbicara tentang demokrasi, apalagi pilkada yang modelnya rakyat memilih langsung, demokrasi erat kaitannya dengan rekam jejak dari si kandidat dan rakyat yang akan memilih kandidiat itu.

“Bagaimana rekam jejak si kandidat, apakah selama ini dia sudah punya achievement-achievement (pencapaian) yang memberikan nilai-nilai positif. Terlepas dia anak si A atau istri si B, atau keponakan si C, tapi apakah kandidat itu punya achievement dan rekam jejak yang baik di masyarakat. Karena dalam pilkada, rakyat yang memilih dan rakyat bisa menilai, bisa mengidentifikasi dengan baik. Rakyat juga punya wawasan, mereka bisa melihat kandidat itu seperti apa,” jelasnya.

Hal ketiga menurut Angel, yang penting tidak ada penyalahgunaan kekuasaan dari orang atau yang dikaitkan dengan keluarga yang punya kekuasaan lebih tinggi.

“Misalnya yang menjadi presiden, gubernur, bupati atau wali kota, tidak ada penyalahgunaan kekuasaan dari mereka yang anaknya, istrinya, keluarganya sedang dicalonkan,” tandasnya.

Hal terakhir menurut Angel, yang harus dipikirkan adalah peranan dari partai politik.

“Ketika parpol memilih kader-kader ini, kandidat-kandidat ini, mereka kan sudah punya screening yang harusnya tentu memperhatikan prinsip-prinsip setiap partai punya basisnya,” terangnya.

Bagi Angel, lima hal yang ia paparkan perlu untuk dilihat terkait politik dinasti dalam pilkada ke depan ini.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN