Sosialisasi Kemampuan Berkomunikasi Di Kalangan Remaja

Kali ini kita kembali pada Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yaitu webinar yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi (Ikom) angkatan 2020 pada Sabtu, 12 Juni 2021 pukul 13.00 WIB, via Zoom Meeting. Nah, yang membuat unik webinar ini adalah bahwa narasumbernya merupakan beberapa mahasiswa dari Ikom angkatan 2020 itu sendiri. Keren ya? Jelas dong!

Berikut ada beberapa key takeaways dari tiga narasumber:

  • Narasumber pertama, ada Ridwan Ibadurrahman. Ia menjelaskan tentang Komunikasi Interpersonal yang artinya bahwa setiap orang menggunakan pesan-pesan yang berbeda tergantung pada persepsinya terhadap situasi dan pendengar. Ridhwan juga memberitahu para audience bagaimana cara berkomunikasi dengan teman sebaya, yakni; fokus pada lawan bicara, jaga sikap tubuh, dan jangan pada fokus pada diri sendiri.

  • Lanjut pada pembicara kedua yakni Shinta Wiranti Cahya Panjaitan. Berbeda dengan yang Ridhwan sampaikan, ia mengemukakan materi tentang etika berbicara dengan orang yang lebih tua. Singkatnya, ia menjelaskan beberapa tips berkomunikasi dengan orang yang lebih tua yakni; gunakan bahasa yang sederhana, panggilan yang sopan, perhatikan intonasi suara, tatap mata lawan bicara agar tetap fokus, perhatikan gerak tubuh dan perhatikan ekspresi wajah. Singkatnya, ia menjelaskan beberapa tips berkomunikasi dengan orang yang lebih tua yakni; gunakan bahasa yang sederhana, panggilan yang sopan, perhatikan intonasi suara, tatap mata lawan bicara agar tetap fokus, perhatikan gerak tubuh dan perhatikan ekspresi wajah. Tidak lupa, ia memberikan tips juga untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua secara daring/online, yakni; salam, perkenalan diri, fokus pada maksud dan tujuan, ucapkan terima kasih, jangan mendikte dan sabar,

  • Pembicara terakhir tidak kalah keren, ia bernama Martha Adelydia Karinda! Pada webinar ini ia memberika beberapa insights mengenai Media Digital/Media Sosial. Ia mengingatkan para audience untuk tetap menjaga attitude walaupun berada di dunia maya. Seperti hindari menggunakan kalimat negatif dan lebih gunakan bahasa yang mudah dipahami. Dan yang paling penting cantumkan sumber konten yang dibagikan apabila itu hasil karya orang lain. Intinya, secara tidak langsung kita harus tetap menjaga etika komunikasi ya!

Kami dari fisiHIGH dan keluarga Fisipol lainnya tentu bangga pada Ikom 2020. Keep up the good work, guys!

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN