Webinar Himakom UKI “Transformation of Public Relations and Media Adapting to Technological Developments in New Habits”.

Jakarta - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), Universitas Kristen Indonesia (UKI) mengadakan webinar dengan Tema “Transformation of Public Relations and Media Adapting to Technological Developments in New Habits” yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting, Rabu, (13/10).

Webinar dimulai oleh pemateri pertama yakni, Shinta Wiranti Cahya Panjaitan selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisipol UKI yang mengangkat tema “Adaptasi Media Untuk Mempertahankan Eksistensi Pasca Pandemi” berdasarkan perspektif mahasiswa. Dalam pemaparannya, Shinta memberikan strategi untuk menjaga eksistensi pasca pandemi yaitu : Tanggap terhadap perubahan, Mampu menyampaikan pesan dengan hati dan empati, Mengikuti perkembangan teknologi, serta Kreatif untuk mencari solusi atas permasalahan.

Selanjutnya, pemaparan kedua disampaikan oleh Ibu Asteria Martina Elanda, S.Ikom., M.A selaku Head of Public Relations and Business Communication MRA Media. Beliau menjelaskan menggunakan perspektif sebagai seorang Praktisi PR di Era Baru dengan tema “Berani Hadapi Dunia Pasca Pandemi”.

Dalam pemaparannya dijelaskan, untuk menghadapi Era Baru seorang PR harus mengasah skill. Salah satunya dengan berani berbicara di media sosial, mampu menyelenggarakan acara virtual dengan menghadirkan narasumber yang menarik dan mempunyai new value tinggi, mempunyai Skill Public Speaking yang baik, serta Melatih Kemampuan Menulis menjadi lebih baik lagi. 

“Seorang Public Relation yang cerdas adalah mereka yang dapat beradaptasi dengan segala situasi dan perkembangan zaman,” Ucapnya dalam webinar.

Sesi terakhir, disampaikan oleh Dinda Juwita S.Sos., M.Ikom selaku Economic and Business Journalists of Jawa Pos Newspaper. Pada sesi kali ini, beliau berbicara menggunakan perspektif dari seorang wartawan dalam menghadapi era baru setelah pandemi dengan mengangkat tema “Media During Pandemic: Transformasi Media di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”. Dalam penjelasannya dijelaskan, untuk menghadapi era pandemi para media harus smart dalam mencari pendapatan baru. Salah satu untuk mempertahankan hal tersebut yakni setiap media harus memonetisasi tayangan dan konten mereka melalui platform online yang lebih banyak dikunjungi khalayak.

Kegiatan webinar pun berlangsung dengan lancar dan sukses lho, sobat FisiHIGH! dapat terlihat dari sesi tanya jawab dan antusiasme para mahasiswa dan dosen dengan jumlah peserta yang mencapai 234 orang dari berbagai universitas.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN