Webinar Himakom UKI “Workshop Communication Skills & Master Of Ceremony (MC)”

Jakarta- Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan public speaking yang bertemakan “Berkomunikasi Secara Asertif, Menjadi MC Yang Atraktif” yang diadakan secara luring atau offline di ruang seminar lt. 3 gedung ABUKI pada Sabtu, 06 November 2021, pukul 08.00-16.00. Pelatihan ini di pandu oleh Enny Abigail Tribuana, Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 dan diikuti oleh panitia lainnya.

Selain itu, hadir juga pembicara dari ketua prodi sekaligus dosen Ilmu Komunikasi, Bapak Singgih Sasongko, S. IP., M. Si dan Tv Presenter INews, Natalia Angelica B.D.E., S.I.Kom yang menjadi narasumber sekaligus mentor dalam pelatihan public speaking ini. Tema dipilih berdasarkan pengamatan terhadap beberapa orang yang masih memiliki rasa takut, nervous, tidak percaya diri dalam berbicara, menghadapi atau memimpin suatu acara yang menghadirkan puluhan sampai ribuan peserta.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Workshop Komunikasi ini merupakan suatu bentuk pelatihan dasar bagi para peserta yang akan menjadi seorang pemimpin suatu event atau berbicara di depan umum bertujuan agar audiens dapat meningkatkan pengetahuan tentang Berkomunikasi Secara Asertif, Menjadi Mc Yang Atraktif dalam tatanan studi maupun prakteknya dan pengetahuan lain yang berkaitan dengan topik yang diangkat, yang mana workshop ini ditujukan secara khusus kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UKI dan jemaat gereja yang berdomisili di Jakarta. Workshop diawali dengan doa pembuka yang dibawakan oleh salah satu peserta workshop pada Sabtu, 06 November 2021. Selanjutnya, opening dan ice breaking yang di pandu oleh Bapak Singgih Sasongko, S.IP., M. Si., selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, selama kurang lebih 30 menit yang bertujuan agar para peserta merasa nyaman dan santai mengikuti pelatihan ini. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi pertama mengenai “Prinsip Prinsip Komunikasi Efektif.”

Dilanjutkan sesi kedua, membahas mengenai “Komunikasi Etis & Asertif” yang bertujuan untuk para peserta mampu menyampaikan ide dan pesan komunikasi secara etis dan asertif kepada teman bicara agar tidak menimbulkan bias persepsi sehingga proses komunikasi berjalan lancar dan tujuan tercapai. Sesi ketiga dipimpin oleh pemateri kedua yaitu Natalia Angelica B.D.E., S.I.Kom selaku TV Presenter INews yang mengangkat topik pembahasan “Master of Ceremony” berdasarkan perspektif sebagai presenter.

 

Beliau memberikan banyak strategi kepada para peserta salah satunya untuk mengetahui pengetahuan praktis menjadi MC. Pada sesi terakhir, yakni sesi praktek yang dimana para peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan semua materi yang sudah dijelaskan yang dimentori oleh Bapak Singgih dan Ibu Angel selaku narasumber pada hari ini. Acara ini pun berlangsung dengan lancar dan sukses lho, sobat FisiHIGH! dapat terlihat dari antusiasme para peserta saat melakukan praktek bersama.

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN