Joey Calveen Alumni Prodi IHI: Sharing Serba-Serbi Nya Bekerja di Startup Decacorn

Cerita alumni kali ini tidak kalah keren Sobat Fisipol! Gimana ga keren? Nyatanya masih banyak orang yang berpersepsi bahwa lulusan program studi Ilmu Hubungan Internasional (Prodi IHI) hanya dapat menjadi diplomat. Tetapi alumni satu ini membuktikan bahwa lulusan prodi IHI dapat bekerja di startup, startup nya bukan kaleng-kaleng lho.

Yup, Joey Calveen Jonathan selaku alumni prodi IHI angkatan 2013 ini sekarang sedang menempuh karir nya dengan bekerja di salah satu perusahaan startup besar, atau bisa kita sebut startup “Decacorn” di Indonesia. Decacorn dalam hal ini artinya nilai valuasi startup tersebut sudah lebih dari US$ 10 Miliar.

Menjadi bagian dari industri startup merupakaan dambaan sebagian kalangan milenial hingga Generasi Z. Hal yang unik dari Joey adalah awal tujuannya memilih jurusan IHI karena ia suka dengan ilmu yang berbau hubungan antar negara, budaya, dan politik. Joey terkenal cukup aktif di kalangan Fisipol karena dirinya cukup aktif di berbagai kegiatan yang ada di Fisipol semasa kuliah.

Perusahaan startup dimana Joey bekerja adalah di Shopee. Ia diterima full-time di Shopee pada bulan Maret 2020, tepatnya ketika awal pandemi COVID-19. Ia mengatakan bahwa bekerja di Shopee identik dengan budaya kerjanya yang kasual dan santai.

“Overall bekerja di Shopee bener bener dimanjain, kerjaannya kadang santai kadang banyak tapi not bad lah. Benefit yang diperoleh yakni dapat bekerja dengan sistem WFH atau WFO, lalu WiFi di rumah akan dibayarin, dan jika sedang WFO akan dapat voucher grab atau reimburse parkir. Kemudian juga memperoleh makan, snack, hingga es krim sepuasnya.” ucapnya.

Perihal naik jabatan bekerja di startup, Joey juga mengatakan bahwa jika memang kinerja bagus, tentu bos kamu akan memilih kamu untuk mengisi posisi yang kosong yang lebih tinggi tanpa harus mencari orang luar. Shopee dipenuhi dengan anak muda yang berkreativitas sehingga sering disebut culture perusahaan yang enerjik.

Untuk sobat Fisipol yang juga ingin bekerja di sebuah perusahaan startup impian, jangan lupa perbanyak ilmu dan pengalaman, serta networking!

 

 

Share this Post

DAFTAR BROSUR BEASISWA ID | EN